Zakat Untuk Siapa?

Seperti kita tahu bahwa manfaat zakat adalah sangat luar biasa. Seperti yang diceritakan Mario teguh di mimbar-mimbarnya : Zakat mensucikan jiwa dari sifat kikir, Zakat mendidik berinfaq dan memberi, Zakat adalah wujud syukur atas nikmat Allah SWT, Zakat mengobati hati dari cinta dunia, Zakat mengembangkan kekayaan bathin, Zakat menarik simpati/cinta,Zakat mensucikan harta dari bercampurnya dengan hak orang lain, Zakat mengembangkan dan memberkahkan harta.
Zakat Untuk Siapa?
Bagi para penerima zakat, selain bermanfaat untuk membebaskan dari kebutuhan hidup yang pokok, zakat dapat menghilangkan sifat dengki dan benci. karena kedua sifat ini akan menghancurkan keseimbangan pribadi, jasmani dan rohani seseorang. Dan pada akhirnya bermanfaat untuk meningkatkan ibadah para penerima zakat.

Zakat adalah mengeluarkan sebagian dari harta dengan cara dan syarat tertentu serta diberikan kepada orang-orang tertentu. Zakat hukumnya wajib dan termasuk rukun Islam. Karena begitu pentingnya zakat, didalam al-Qur’an disinggung sebanyak 83 kali. Dari ayat-ayat tersebut zakat diperuntukan bagi 8 Ashnaf (golongan) yaitu:

  • Faqir, adalah mereka yang tidak mempunyai harta dan pekerjaan untuk memenuhi untuk kehidupan segari-hari.
  • Miskin, adalah mereka yang mempunyai harta dan pekerjaan tapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan primer sehari-hari.
  • Amil Zakat, adalah mereka yang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.
  • Mu-allaf, mereka yang baru masuk Islam dalam rangka meguatkan keimanan mereka.
  • Wafir Riqoob, atau hamba sahaya atau budak yang diberi kesempatan oleh majikannya untuk membeli (membebaskan) dirinya sendiri,
  • Mereka yang terjerat hutang yang melebihi kemampuannya.
  • Sabilillah, adalah mereka yang berjuan untuk dan demi agama Allah SWT.
  • Ibnu Sabil, atau musafir adalah mereka yang dalam perjalanan yang tidak bertujuan untuk maksiat.

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan menjelang di akhir bulan Ramadhan, semua ummat Islam yang bertemu ramadlan wajib mengeluarkan Zakat Fitrah ini. Zakat Maal adalah zakat harta kekayaan dikeluarkan berdasarkan nishob dan aturan tertentu. wallohu a’lam

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *