Tentang Xubuntu

Xubuntu adalah turunan dari Distribusi Linux Ubuntu yang menggunakan Desktop Xfce. Xfce adalah lingkungan Desktop modern yang sederhana, cepat dan rapi. Anda dapat mengibaratkan Xfce sebagai BMW MINI dari Desktop Linux. Dan digabungkan dengan Ubuntu yang memberikan Anda kekuatan penuh dan kemudahan penggunaan yang menjadi ciri dari Ubuntu, sehingga Anda bisa mendapatkan lingkungan desktop yang handal untuk perangkat keras lama Anda.Keunggulan utama dari Xubuntu adalah:

  • Sederhana. Xubuntu memang tidak memberikan kecanggihan seperti yang ada pada Ubuntu (Desktop Gnome) dan Kubuntu (Desktop KDE), sebab Xfce berfokus kepada kegunaan dasar dan antarmuka yang sederhana.
  • Cepat. Dengan Xubuntu Anda akan langsung merasakan kecepatan yang diberikan oleh lingkungan Desktop Xfce, yang memang dibuat untuk sistem dengan resource kecil. Jadi jangan khawatir bila perangkat keras Anda bukan yang terbaru dan terbaik – komputer Anda akan tetap berjalan cepat dengan Xubuntu.
  • Rapi. Xubuntu sudah menyediakan Look&Feel yang modern dan bersih. Tentu saja, Anda dapat meng-customize Desktop Xfce – dapat dipilih beragam kumpulan ikon, window borders, kumpulan warna, dll.

Xubuntu menggunakan paket source yang sama dengan Ubuntu dan Kubuntu. Hal ini memberikan keuntungan seperti:

  • Seluruh ribuan program yang tersedia dalam Arsip Perangkat Lunak Ubuntu dengan mudah diinstal pada Xubuntu.
  • Ubah Sistem Ubuntu menjadi – atau sebaliknya – cukup dengan menginstal beberapa paket tambahan.

Secara teknis, Xubuntu mencoba menghindari dependencies pada library Gnome dan KDE dengan hanya menggunakan aplikasi GTK+ 2 selama memungkinkan.

Tentang nama

Nama Xubuntu menunjukkan kombinasi dari Lingkungan Desktop Xfce dengan Ubuntu. Xfce sendiri memiliki arti “XForms Common Environment”, tetapi karena saat ini Xfce tidak berbasis dari XForm lagi, nama tersebut tidak memiliki arti lagi saat ini. Sedang Ubuntu mempunyai arti “perikemanusian antar sesama manusia” dalam bahasa Zulu dan Xhosa.

Tentang Ubuntu

Ubuntu adalah sepenuhnya sistem operasi open source yang dibangun di atas kernel Linux. Anda dapat membaca informasi mengenai Filosofi Ubuntu di situs web Ubuntu.

Proyek Ubuntu berkomitmen penuh kepada prinsip pengembangan perangkat lunak open source; masyarakat dianjurkan untuk menggunakan perangkat lunak open source, memperbaikinya, dan menyebarkannya. Ini berarti bahwa Ubuntu adalah dan akan selalu bebas biaya.

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *