Share Koneksi Internet (sebuah ; unek-unek)

Mungkin saat ini tradisi online bukan lagi hal baru yang kita temui, mulai dari warnet-warnet, perkantoran, sekolah, dan ditempat-tempat lainnya.

Ditempat-tempat yang terdapat lebih dari satu komputer biasanya koneksi internet dishare via kabel atau wireless melewati satu gateway yang terkoneksi ke internet.

Namun sayang sekali di beberapa tempat, bahkan ditempat-tempat kritis seperti sekolah atau kampus, sistem share koneksi ini tidak dimanage sama sekali, asal sekedar setiap client sudah bisa connect sang admin sudah cukup puas dan bersuka cita. Padahal ditempat-tempat kritis seperti lab sekolah, perlu dikelola dalam hal pembatasan akses, filtering, dan lain-lain sehingga anak-anak yang notabene ABG tersebut tidak terjun bebas menikmati "wah" nya dunia maya.

Dibanyak tempat saya lihat mereka menshare koneksi hanya memanfaatkan fasilitas NAT yang builtin pada modem ADSL, ada juga yang memanfaatkan software wingate atau ICS nya window.

Menurut saya idealnya sebuah gateway itu tidak hanya mampu menshare koneksi, tapi juga mempunyai fasilitas firewall, DHCP server, DNS cache, bandwith manager, traffic shaping, proxy, contents filtering, dan bahkan sistem otentifikasi.

Mungkin akan cukup bikin migrain jika saya memaksakan menginstall sendiri gateway "ideal" itu. Biasanya saya ambil jalan pintas dengan memanfaatkan distro-distro yang khusus untuk itu. Namun sayangnya semua fitur tersebut jarang sekali komplit pada satu distro free, biasanya ke-komplitan tersebut ditawarkan pada versi berbayarnya. Tapi untuk penggunaan umum saya rasa hal itu sudah cukup memadai.

Berikut beberapa distro yang sempat saya coba dan layak untuk anda coba pula :

  • Smoothwall.

    Sangat baik untuk firewall, dan proxy sedang untuk contents filtering dan traffic shaping ditawarkan pada versi enterprise.

  • ipcop

    Sangat baik untuk untuk firewall dan proxy, dan kalo gak salah ada traffic shaping juga namun cukup sederhana sehingga tidak bisa menerapkan banyak skenario kebijakan.

  • Clarkconnect versi Community

    Baik untuk firewall, proxy, contents filtering, ada bandwith manager sederhana juga, namun untuk versi Community saya coba proxy reportnya gak komplit.

  • Censornet

    Baik untuk firewall, namun sangat unggul di proxy, skenario filteringnya lengkap, ada proses otentifikasi, managemen peruser atau pergroup, whitelist/blaclist, bandwith management pada level proxy, report yang lengkap.

    Sangat cocok sekali untuk lab-lab sekolah/kampus, atau kantor, yang ingin memperketat akses ke internet. Namun untuk warnet kurang cocok karena hanya mampu memanage bandwith pada level proxy dan tentu saja user warnet tidak menghendaki contents filtering yang terlalu ketat seperti itu.

Semua distro tersebut gampang di install dan bisa dikonfigurasi via web dengan tampilan yang user friendly.

Tentu saja masih banyak lagi distro serupa yang belum sempat saya coba, dan bisa anda coba sendiri.

______________________________________________

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *