renungan (tentang SEO)

Seorang programmer web yang baik haruslah mengerti apa yang diinginkan oleh para konsumennya. Sebelum kita bicara soal design dan coding yang cukup membuat pusing tentunya kita harus tahu fungsi utama dari web itu sendiri.

Website bukan istilah yang asing bagi kita, banyak sekali jasa pembuatan website yang bertebaran dimana-mana dari mulai programmer freelance sampai mereka yang punya bendera perusahaan. Design dan jenisnyapun beraneka ragam mulai dari yang sederhana sampai dengan kompleks design dan animasinya. Tapi apakah web yang dibuat akan efektif ?

Kembali ke tujuan utama. Tentunya kita tahu bahwa sebuah perusahaan akan memikirkan perkembangan usahanya di dalam era teknologi yang semakin pesat ini. Internet sebagai media komunikasi merupakan salah satu tempat berkumpulnya para netter yang jumlahnya berjuta juta orang dan semakin meningkat tiap tahunnya. Tentu ini akan menjadi peluang pasar yang sangat besar bagi perusahaan untuk mempromosikan produknya.

Ya.. disinilah tujuan utama dari membuat website yaitu PROMOSI. Inilah yang menjadikan kita sebagai programmer web harus mengerti SEO. Karena dengan begitu jasa yang kita tawarkan bukan hanya sekedar membuat web tapi juga bisa berkelanjutan dengan pengelolaan dan pengembangan web itu sendiri sebagai media promosi. Disisi lain itu merupakan nilai plus bagi kita.
Bisa jadi orang lain bisa membuat web yang begitu hebat dengan design yang menarik dan animasi yang luar biasa, tapi mereka tidak mengetahu prinsip SEO itu sendiri. Akibatnya web yang dibuat hanya sekedar pajangan yang hanya bisa dinikmati oleh sebagian orang saja. Dan tentu saja akan merugikan perusahaan itu sendiri. Sebaliknya mereka yang hanya bisa membuat website sederhana atau bahkan pakai CMS opernsource bisa membuktikan fungsi web yang sebenarnya karena mereka tahu prinsip dasar dari SEO itu sendiri.

Karenanya tidak ada salahnya jika kita juga mempelajari SEO itu sendiri sebagai referensi bagi kita. Sehingga web yang kita buat nanti akan benar-benar bisa membawa manfaat bagi para pelanggan / konsumen kita.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *