Pemilu 2009 Bikin Trafik Penuh

Pada Pemilu 2004, saat itu pengguna internet baru sekitar 8 juta, dan hanya ada beberapa partai yang memakai model pemilihan terbanyak untuk caleg. Itu saja sudah berakibat situs tnp.kpu.go.id ketika itu kebanjiran request sehingga beberapa kali upgrade bandwidth.

Apalagi Pemilu 2009 ini, dimana pengguna internet Tanah Air sudah mencapai 30 juta, dimana sekitar 50 persennya atau sekitar 15 juta pengguna rutin online setiap hari. Lalu partai ada puluhan, caleg ada ratusan, tim suksesnya, Simpatisannya. Semuanya (kalau mau cepat) dengan mengakses internet.

Dan kini ada berapa banyak situs partai, situs tim sukses, Facebook caleg dan lain sebagainya. Semuanya tentu antusias ingin mengikuti semua berita dan perkembangan bukan hanya cuma perolehan suara. Namun isu dan berita terkini banyak disajikan oleh situs-situs berita. Takterkecuali Kota Ngawi yang memberikan informasi seputar Ngawi dan sedikit tentang Pemilu Ngawi total kunjungan user perharinya naik 2 sampai 3 kali lipat. Gilaaa…

Hal-hal demikian berpotensi mengakibatkan bottle neck yang luar biasa pada lalu lintas internet di Tanah Air. IIX (Indonesia Internet Exchange) dan OIXP (Open Inter Exchange Point) diperkirakan akan ada lonjakan trafik signifikan seperti IIX, OIXP dan internasional – Facebook, blog dll.

Dengan keaadaan yang demikian akan banyak pengguna internet yang merasakan lambatnya jalur internet. Hal ini lebih disebabkan oleh penuhnya trafik IIX dan OIXP serta trafik Internasinal yang mengakibatkan request ke server-server agak terganggu.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *