Modus Baru Penipuan Via Facebook

akun palsuPenipuan di dunia online semakin marak terjadi belakangan ini, mulai dari pembajakan akun hingga akun facebook palsu yang mengatasnamakan anda. Hal yang paling sering terjadi adalah penipuan modus minta isiin pulsa dan penipuan yang berkedok penjualan gadget dan barang barang elektronik serta produk fashion, dengan cara sang pelaku meminta calon korban untuk mengirimkan DP atau bahkan melunasi pembayaran, baru barang akan dikirim. Namun setelah pembayaran justru barang tak kunjung dikirim.

Oleh sebab itu, kita sebagai pengguna internet harus jeli dan teliti dalam transaksi via internet. Selain itu kita harus mengamankan password akun facebook sebaik mungkin, jangan memggunakan tanggal lahir atau alamat yang mudah ditebak. Untuk mengankan password ada baiknya kita sisipkan beberapa karakter yang tak terbaca, misal # $ _ & * ; dan lain sebagainya.

Dan jika ingin transaksi online ada baiknya anda cek beberapa hal berikut:

1. FOTO PROFIL PENGGUNA FACEBOOK
Foto profil yang banyak serta wajah / orang yang sama bisa menjadi salah satu tanda bahwa akun facebook tersebut adalah akun facebook asli. Komentar dan like pada foto dari teman temannya juga akan menguatkan keaslian akun facebook tsb.

2. JUMLAH TEMAN FACEBOOK
Jumlah teman juga cukup bisa memperkirakan bahwa akun tersebut asli atau palsu, biasanya akun facebook palsu dan baru akan memiliki jumlah teman yang sangat sedikit.

3. UMUR AKUN FACEBOOK
Anda juga harus memperhatikan umur akun facebook, dan memastikan bahwa akun facebook tersebut bukan akun facebook yang seumur jagung.

4. JUMLAH KOMENTAR & LIKE STATUS
Jumlah komentar dan like pada status yang diupdate oleh pengguna facebook juga turut mempengaruhi akan kepalsuan akun facebook, akun facebook asli biasanya akan memiliki cukup komentar dan like pada update status sehari-hari.

5. HARGA BARANG / JASA YANG MASUK AKAL
Jika ada seseorang yang menawarkan suatu barang dengan harga yang tidak wajar (terlalu murah atau terlalu mahal) sebaiknya berhati hati dan mengecek harga pasaran barang barang yang ditawarkan di situs situs harga jual beli barang. Bukan maksud untuk berburuk sangka thd barang2 yang dijual murah, tapi waspadalah sebelum membeli.

6. TESTIMONIAL
Testimoni atau kesaksian pembeli yang telah membeli barang / jasa yang ditawarkan juga sangat penting, dengan melihat testimoni positif dari pembeli lain, itu akan meyakinkan anda jika penjual barang / jasa di facebook memang bukanlah akun palsu.

Begitulah cara mengetahui akun facebook palsu untuk menghindari penipuan. Jika anda merasa ragu ragu atau kurang yakin dengan akun facebook penjual barang / jasa, anda bisa meminta scan id card, menggunakan jasa agen escrow (pihak ketiga), atau bertemu langsung dengan penjual barang atau COD (cash on delivery). Menggunakan jasa escrow ataupun metode COD adalah cara paling aman dalam bertransaksi jual beli.

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *