Mengapa, 2 Telinga dan 1 Mulut?

Manusia lahir dikarunia dengan bentuk bentuk tubuh paling ideal diantara makhluk hidup lainnya. baik dilihat dari susunan tata letak anggota tubuh, maupun jumlah anggota tubuh. Tuhan menciptan bukan tanpa sebab, selain terkandung manfaat, tuhan selalu menciptakan sesuatu selalu mengandung nilai luhur. Mengapa yang diberikan dua adalah telinga dan bukan mulut?

Dengan dua telinga dan satu mulut Tuhan ingin manusia lebih banyak mendengar daripada berbicara. Seorang yang baik, adalah seorang pendengar yang baik. Mendengar adalah belajar, dengan mendengar kita tahu apa yang orang lain tahu, sehingga dengan mendengar adalah kita sama dengan belajar.

Begitu juga dengan menjadi pendengar yang baik akan lebih banyak teman yang senang terhadap kita. Sebab pada dasarnya kebanyakan orang suka didengarkan bila berbicara oleh lawan bicaranya, sehingga dengan menjadi pendengar yang baik tentu orang yang bebicara akan merasa dihormati dan di perhatikan. Apalagi jika mendengarkan dengan hati.

Nabi Muhammadpun memberikan fatwa dengan "undzur maa qoola walaa tandzur man qoola", lihatlah apa yang didibacarakan, jangan melihat siapa yang bicara. Disini nabi dengan memakai kata "undzur" yang artinya "lihatlah" bukan dengan kata "dengarkan", hal ini terkandung maksud bahwa kita lebih dianjurkan untuk memperhatikan bukan cuma mendengar.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *