Kampanye Terbuka Dimulai

Hari ini proses pesta demokrasi Idonesia dimulai. Hari ini di beberapa tempat dilanggsungkan Kampanye terbuka oleh parpol peserta pemilu. Banyak yang menilai bahwa pesta demokrasi 2009 ini merupakan Pemilu paling rumit. Keluhan ini tidak hanya disampaikan masyarakat awam, tetapi kalangan terpelajar terutama para aktivis politik juga mengeluhkan kerumitan ini. Bahkan kalangan penyelenggara pemilu juga mengeluhkan hal yang sama. Karena itu kesalahan dan persoalan akan banyak muncul dalam pemilu ini.

Dengan demikian konflik juga akan susah dihindarkan, tidak hanya antar calon dari berbagai partai politik. Tetapi juga terjadi pertarungan antar calon dalam satu partai, karena sistemya telah diarahkan satu lawan semua. Di tengah serunya perebutan suara itu muncul aturan agar setiap calon yang menang dari satu daerah menyertakan kaum wanita. Siapa rela kursinya digeser hanya karena mengakomodasi calon yang tidak ikut berjuang dengan tenaga dan dana.

Seluruh keruwetan ini berakar dari sitem konstitusinya yang menganut sistem multi partai tanpa batas. Ratusan partai yang muncul setiap musim pemilu membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus memverifikasi mereka semuanya, sehingga tinggal beberapa puluh partai. Mengelola puluhan partai ini juga pekerjaan sulit, karena itulah sistem pemilu yang dlu lebih sederha menjadi semakin rumit. Apalagi ketika peran partai politik dikurangi dengan memberikan wewenang lebih besar pada pemilih untuk mementukan pilihannya. Pertarungan politik semakin sengit.

Namun demikian kita sebagai warga negara yang baik sudah selayaknya jika menjaga bahwa pesta demokrasi indonesia ini untuk berjalan damai. Sebagai seorang blogger mari kita sukseskan Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 yang diselenggarakan oleh om Pogung.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *