Error establishing a database connection

"Error establishing a database connection" mungkin sering dialami ketika kita mau membuka blog di kotangawi.com, hal ini terjadi karena jumlah pengguna terlalu banyak sehingga mengakibatkan beban server tempat kita hosting kelebihan muatan yang mengakibatkan down pada server.

Sebenarnya, saya sebagai pemilik merasa senang dan bangga karena ternyata layanan ini disambut baik oleh para blogger Ngawi. Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan. Berikut catatan sekaligus review dari layanan blog tanpa biaya tersebut :

  1. Jumlah pengguna dengan mengabaikan dipakai atau tidaknya blog yang di registrasi saat ini sudah melebih 500 user dan selalu bertambah rata-rata 2-5 dalam setiap harinya. Hal ini sudah barang tentu melebihi perkiraan saya sebagai pemilik penyedia layanan ini.
  2. Karena jumlah pengguna yang demikian banyak, maka hari ini saya pun menerima beberapa pengguna aktif yang mengeluhkan seringnya terjadi "Error establishing a database connection", hal ini saya maklumi meskipun kotangawi.com gratis tapi tidak berarti harus murahan.
  3. Atas dasar point 1 dan 2 diatas, maka ada beberapa hal yang akan saya lakukan ke depan guna mempertahankan kotangawi.com sebagai layanan blog tanpa biaya tetap exist. Saya hanya sayang jika layanan ini pada akhirnya akan berhenti mengingat layanan kotangawi.com adalah layanan berbasis WPMU yang –kata banyak orang– merupakan layanan blog berbasis WPMU dengan fitur yang paling banyak saat ini.

Berikut beberapa hal yang akan saya lakukan :

  • Akan melakukan pemangkasan table. Asumsi saya, lebih dari 68% 50% pendaftar adalah pengguna layanan blog yang pasif. Dengan kata lain saya akan melakukan penghapusan pada acount-account yang tidak melakukan posting selama 2 bulan berturut-turut atau blog tetap berisi posting "Hello World" selama 2 bulan sejak pendaftaran dilakukan.
  • Mulai mencari partner di dalam negeri yang mau menyediakan server sebagai tempat kotangawi.com layanan blog tanpa biaya. Bagi peminat bisa menghubungi saya melalui telepon 0351-7707715 atau email di admin-at-kotangawi.com.

Demikian, semoga masalah "Error establishing a database connection" yang sering dialami oleh blogger yang menggunakan kotangawi.com sudah bisa diminimalisir.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *