dual boot windows+linux

1. Installah windows terlebih dahulu untuk mempermudah proses pembuatan partisi, saya menggunakan partition magic versi 8.

2. Buatlah partisi kosong dengan norton partition magic atau program sejenisnya, format partisi harus ext2 atau ext3, jangan format dengan NTFS karena nanti anda akan bingung pada saat membuat partisi ketika instalasi linux. Buat partisi untuk linux kira-kira 10GB untuk versi linux terbaru.

3. Mulailah instalasi linux, jadikan 1st boot adalah pada cd room, ubah setingan di BIOS. ikutilah tahapan instalasi sampai anda dihadapkan dengan pilihan mempartisi hardisk, pilih custom partitioning, jangan use entire disk, jikalau anda memilih use entire disk partisi windows anda juga akan dihapus! (pilihan ada pada anda)

4. Anda akan dihadapkan dengan program diskdruid pada linux, yang harus anda lakukan tinggal menyiapkan partisi sebesar 10GB tadi untuk diisi oleh linux, saya anjurkan jika anda tidak ingin pusing-pusing buatlah 3 partisi saja, /(root),/usr,swap. partisi root setlah sebesar 800 MB, swap set dengan besar 2x ram yang anda miliki (jika RAM anda sebesar 512, setlah swap menjadi 1024. lebih besarsedikit tidak apa2). Untuk /usr berikan size yang cukup besar karena partisi inilah yang akan memuat paket program yang hendak anda pilih di tahap selanjutnya.

5.Lanjutkan proses instalasi, tunggu sampai installer linux menyuruh anda untuk melakukan reboot, terakir reboot komputer anda dan anda akan siap mulai bekerja dengan linux!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *