Adipura Yang Bukan Pura-Pura (Hasil Kopdar)

Adipura Ngawi
Piala Adipura, sebuah penghargaan yang diberikan kepada kota berwawasan lingkungan hidup. Penghargaan yang diharapkan bisa memacu kota atau kabupaten agar mampu melakukan pengelolaan lingkungan hidup dengan baik dan benar. (maksudnya : bukan pura-pura)

Berdasarkan PerMen Lingkungan Hidup No. 14 tahun 2006, disebutkan bahwa kawasan yang dipantau meliputi: perumahan, sarana perkotaan, sarana transportasi, perairan terbuka, sarana kebersihan dan pantai wisata.

Hasil kopdar semalam, disela-sela ngobrol ngalor ngidul mulai dari trik SEO, Seminar Internet di Widodaren, dan kenalan blogger baru, (bukan baru sih tapi baru ketemu offline-selamat datang pecinta7kacang dan bang Yohan), ada juga yang mbahas persiapan Pemda Ngawi untuk meraih Adipura.

Trus opo hubungan antara Kopdar dan Adipura? laiyo opo yo? :D ? yang jelas, saat ini Pemda Ngawi sedang mempersiapkan diri untuk merebut Pila Adipura tahun 2009, dan kami Blogger Ngawi (sebagai warga yang baik) ingin dan mencoba ikut berpartisipasi mewujudkan keinginan Pemda Ngawi. Meski hanya sebatas menulis dan Kampanye tentang kebersihan.

Tapi apa yo mungkin Kabupaten Ngawi dapat penghargaan Adipura lagi? Lawong saiki lagi musim Kampanye, (bukan kampanye yang ini). banyak baliho, spanduk dan bendera liar menghiasi Kota Ngawi, yang menyebabkan pemandangan kurang sedap, bahkan cenderung tidak teratur.

Tapi meskipun demikian, yang saya bangga dari Kota Ngawi adalah kotanya relatif bersih, coba bandingkan dengan kota lain!

Jangan karena piala Adipura, kita sebagai masyarakat (dan pemerintah tentunya) baru peduli dengan kebersihan, keindahan, dan kenyamanan. Kalau sudah tak ada lagi gembar-gembor Adipura, semua kembali kebiasaan lama. ini yang mungkin harus kita coba untuk dirubah.

Perilaku kita sebagai masyarakat yang hidup bersih dan teratur harus dipertahankan. Jangan hanya berpura-pura! demi Adipura kita berpura-pura bersih, demi adipura kita pura-pura nyaman, demi adipura kita pura-pura teratur dan seterusnya. Intinya adalah bahwa : Adipura Jangan pura-pura !!.

You may also like

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *