4 Kelakuan Malaysia Sing Ngguilani

cinta indonesiaMalaysia, negara kecil yang ternyata justru bisa memperlihatkan kepada dunia dan rakyat Indonesia sendiri betapa kecil dan pengecutnya negara ini. Negara yang dalam sejarah politik abad 20-21 jauh berada dibelakang Indonesia, namun pada kenyataannya bisa mempecundangi negara pengagas GNB & anggota G-20. hebat, luar biasa!

Kita kaji mengenai hubungan Indonesia dengan Malaysia. Beberapa waktu lalu kita lihat bersama di berita para aktivis Bendera yang melempari Kedubes Malaysia dengan kotoran. Memang sih itu perbuatan yang tidak layak dilakukan oleh orang-orang yang mengaku aktivis, tapi terlepas dari masalah pelemparan tahi ke kedutaan Malaysia tersebut, ada apakah sebenarnya yang terjadi antara Indonesia & Malaysia?

  1. Sipadan & Ligitan
  2. Inilah pemicu gerakan Anti-Malaysia, Ganyang Malaysia dan sebagainya oleh beberapa kelompok masyarakat Indonesia di awal abad modern ini. Kemenangan klaim Malaysia atas kedua pulau kecil yang selama ini dianggap orang Indonesia adalah milik negara ini tersebut telah menjadi shock terapi bagi rakyat Indonesia yang selama ini selalu bangga akan jumlah pulaunya yang berlimpah.

  3. Ambalat
  4. Ketegangan selanjutnya yang terjadi setelah klaim Sipadan & Ligitan. Tidak main-main, ketegangan kali ini sudah mulai melibatkan angkatan perang kedua negara walaupun tidak sampai terjadi konflik terbuka. Namun walaupun begitu menurut studi Ilmu Hubungan Internasional segala aktivitas militer di wilayah kedaulatan negara asing tanpa Izin negara yang bersangkutan sudah merupakan hal yang sangat berbahaya dan sejarah membuktikan hal tersebut sangat berpotensi menjadi konflik terbuka.

  5. Penyiksaan TKI
  6. Bukan hal aneh kalau kita mendengar tentang penyiksaan yang dilakukan para keluarga di Malaysia terhadap TKI kita. Tapi yang lebih aneh adalah sikap pemerintah kita yang masa bodoh dengan hal ini, seakan-akan pekerja-pekerja Indonesia yang disana itu hanya anjing liar yang tak perlu dihiraukan walau hidupnya menderita.

  7. Pelanggaran Perbatasan Patroli Militer Malaysia
  8. Ini yang paling baru terjadi dan mungkin paling menyulut emosi. Bagaimana mungkin pejabat DKP Indonesia ditangkap militer Malaysia di zona kedaulatan Indonesia? Entah siapa yang gila dalam hal ini….

Dan masih banyak lagi hal-hal yang menyebabkan sentimen negatif warga Indonesia terhadap pemerintahan Malaysia. Yang jadi pertanyaan saya adalah mengapa pemerintah Indonesia menunjukkan tendensi ketidakpedulian terhadap hal tersebut diatas?

You may also like

3 Comments

  1. kalau saya sebelum memvonis atau menyalahkan orang lain terus terang aja mengenai mengklaiman beberapa budaya indonesia oleh malasyia…
    seharusnya kita mengkaji dulu bangsa kita sendiri,kenapa sampai terjadi kecolongan seperti ini????dimana jiawa nasionalisme yang mengaku menjunjung budaya bangsa tapi nyatanya sekarang hilang….MAlah kita meniru budaya yang seharusnya kita saring terlebih dulu malah merasuki jiwa kehidupan kita…Kenapa sekarang menyalahkan bangsa lain, bukankah itu kelalaian kita, sehingga kita kecolongan.
    MAkanya budaya-budaya tersebut harus dibuat semacam dokumen hak cipta, sehingga kalau ada kejadian seperti ini lagi pasti punya bukti yang jelas dan kuat…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *